Archive for the 'Teknologi Informasi' Category

Aug 14 2013

Email di Thunderbird tak bisa dipindah ke komputer lain

Karena untuk sementara waktu saya akan memakai komputer yang lain, maka saya coba memindahkan email saya yang ada di Thunderbird ke komputer yang lain ini. Selama ini hal ini berjalan lancar-lancar saja. Tetapi kali ini timbul masalah di mana ada dua email penting yang tak bisa dipindahkan. Pesan yang keluar adalah:

Destination Path Too Long. You can shorten the file name and try again, or try a location that has a shorter path.

Setelah saya selidiki, ternyata kendala ini timbul karena Microsoft membatasi panjang nama file di Windows termasuk sampai di Windows 8, sedangkan Mozilla tidak membatasi panjang nama file yang di-ijin-kan di program Thunderbird. Sampai saat ini belum ada solusi untuk hal ini baik dari pihak Mozilla selaku pembuat Thunderbird, maupun di Microsoft selaku pembuat Windows.

Hal ini berpotensi kita bisa kehilangan banyak email penting, ketika kita akan atau harus pindah atau ganti komputer.

Di dunia maya internet, saya sudah menemukan seseorang yang tak bisa memindahkan atau mem-backup dan restore sekitar 600 email. Keadaan orang ini jadi serba runyam.

Saya berharap akan segera ada jalan keluar untuk hal ini.

Baca juga: Tak bisa mem-backup dan restore email di Thunderbird

Comments Off

Nov 30 2011

Facebook dituduh menjual data pribadi pemakainya

FTC atau Federal Trade (ataukah Telecomunication?) Commission, sebuah badan pemerintah Amerika Serikat, menuduh Facebook telah menjual data pribadi  pemakai facebook kepada Biro Iklan di antara September 2008 s/d Mei 2010.

Silakan Klik disini untuk berita selengkapnya

Comments Off

Jun 11 2011

iPad, iPhone, dan Samsung Tabs

Published by under Teknologi Informasi

Saya pikir iPad tidak akan menggantikan iPhone atau telepon genggam yang lain, karena

  • untuk menelepon orang tetap lebih nyaman dengan ukuran layar yang lebih kecil dari 4 inci
  • baterai akan lebih cepat habis bila fungsi telepon dan fungsi-fungsi yang ditawarkan iPad digabung jadi satu. Kita masih harus menunggu kemajuan teknologi baterai untuk memungkinkan penggabungan ini.

Untuk membaca buku, lebih nyaman dengan layar iPad yang lebih lebar ( 9 inci ) daripada Samsung Tabs yang cuma 7 inci, walau iPad lebih berat.

Saya pikir Samsung Tabs agak salah arah karena berusaha menggabungkan fungsi telepon dengan fungsi baca buku, browser, dsb. Saya pikir integrasi yang lebih masuk akal adalah antara fungsi baca buku dan netbook/notebook. Saya pikir pada akhirnya, iPad akan menyatu dengan Macbook dan perangkat yang sejenis.

Comments Off

Jan 14 2010

Window 7, Vista, dan XP

Published by under Teknologi Informasi

Bulan Oktober 2009, Microsoft secara resmi mulai menjual Windows 7. Saya pernah mencoba memakai Windows 7 RC (Released Copy) yang diberikan oleh Microsoft untuk diuji coba oleh pemakai sebelum melepas Windows 7 secara resmi ke pasar. Pengamatan saya terhadap Windows 7 adalah sebagai berikut:

1. Beberapa alasan mengapa orang tidak mau beralih dari Windows XP ke Windows Vista:

  • Waktu yang diperlukan untuk Startup dan bangun dari Hibernasi terlalu lama. Windows 7 tidak menyelesaikan hal ini. Startup dan bangun dari Hibernasi lamanya hampir sama dengan Windows Vista.
  • Software tidak kompatibel. Program yang bisa jalan di Windows XP, tak bisa di-install dan tak bisa jalan di Windows Vista. Ini berbeda dengan ketika Microsoft memperkenalkan Windows versi sebelumnya, semua program yang jalan di Windows 3.0, bisa jalan di Windows 95; begitu pula program yang jalan di Windows 95, bisa jalan di Windows 98; program yang jalan di Windows 98 bisa jalan di Windows XP. Windows 7 tidak menyelesaikan masalah ini, kecuali untuk beberapa versi Windows 7 yang diperlengkapi dengan fitur Windows XP mode.
  • Hardware tidak kompatibel. Printer yang bisa jalan di Windows XP, tak bisa di-install dan karena itu tak jalan di Windows Vista. Misalnya HP Laserjet 1010, Canon PIXMA 1200. Sampai hari ini HP tidak membuat driver printer HP Laserjet 1010 untuk Windows Vista, padahal pemakai printer tipe 1010 ini cukup banyak di Indonesia. Walaupun Windows 7 akan otomatis mencari driver yang cocok untuk hardware yang dipasang, tapi bagaimana kalau driver itu memang tak pernah ada? Sama saja bohong. Artinya, hardware yang jalan di Windows XP, tapi tak bisa dipakai di Windows Vista, akan tetap tak bisa dipakai di Windows 7.

2. Namun sekali sudah jalan, menjalankan applikasi di Windows 7 terasa lebih ringan dan lebih cepat daripada Windows Vista.

Jadi bila anda adalah pemakai Windows XP atau Windows Vista, anda tak perlu buru-buru beralih ke Windows 7.

No responses yet

Feb 10 2009

Browser Internet Explorer 8 yang baru

Published by under Teknologi Informasi

Baru-baru ini Microsoft telah menerbitkan browser Internet Explorer 8 yang baru untuk menggantikan IE8 versi Beta.

Saya menemukan bahwa IE8 ini lebih cepat dari Firefox dan Google Chrome, dan dapat melayani https yang sebelumnya tak bisa.

No responses yet

Dec 14 2008

Browser Google Chrome

Akhir-akhir ini browser Firefox yang saya jalankan pada Windows Vista sering ngadat (Not Responding). Internet Explorer 8 versi Beta juga sering tak bisa dipakai untuk meng-akses situs dengan memakai https.

Kemudian saya mencoba memasang dan memakai browser Google Chrome. Sudah selama dua hari ini hasilnya memuaskan. Bila ada teman-teman yang juga ingin mencoba memakai browser google yang baru ini, silakan mengunduh (download) gratis dari Google Chrome

Selamat mencoba!

No responses yet

Apr 27 2008

Petunjuk membeli komputer notebook:

Published by under Teknologi Informasi

  • Sistem Operasi:

Bila anda berencana memakai sistem operasi Windows Vista, maka kebutuhan piranti keras (hardware) minimumnya adalah:

CPU minimal 2 GHz

Memory minimal 2 GB

Hard disk minimal 100 GB

Bila tidak, kinerjanya akan sangat rendah dan sangat lambat. Kemungkinan anda akan menjadi kesal karena harus menunggu begitu lama untuk setiap gerakan yang akan anda lakukan.

Beberapa penjual notebook kini menyediakan sarana untuk downgrade (turun kelas) ke Windows XP.

  • Mobilitas anda:

Bila anda sering bepergian dengan membawa notebook, dan bila berat badan anda kurang dari 60kg, pilihlah notebook dengan berat sekitar 2 kg. Ini berarti lebar layar notebook maksimal 14 inci. Notebook dengan lebar layar di atas 14 inci biasanya beratnya melebihi 2,5 kg.

  • Baterai:

Bila anda sering bepergian dengan membawa notebook, pilihlah notebook dengan baterai yang mampu bertahan selama kurang lebih tiga jam.

  • Harga:

Yang paling menentukan adalah berapa besar biaya yang rela anda keluarkan untuk membeli notebook tersebut. Semakin ringan notebook, semakin kecil ukuran layar notebook, semakin besar daya tahan baterai, harganya semakin mahal.

No responses yet


Daily Wisdom

Today's Quote



Anda adalah pengunjung ke

sejak 1 Januari 2008