Jan 12 2005

Saat tsunami melanda Banda Aceh

Published by at 23:13 under 1-Dalam Negeri

Metro TV sejak beberapa hari terakhir ini menayangkan rekaman video menjelang dan saat tsunami (gelombang pasang) berkecepatan 800km/jam (secepat pesawat jet) meluluh-lantakkan kota Banda Aceh.
Tayangan yang terlihat sangat menyayat hati.

Gempa membuat penduduk kota Banda Aceh keluar rumah, duduk-duduk dan makan di jalan. Wajah mereka sangat lugu. Tak terbayangkan bahwa beberapa menit lagi mereka semua akan menghadap Khalik mereka.

Tiba-tiba terlihat orang berlarian sambil berteriak air, air datang. Air yang tadinya hanya setinggi mata kaki, dalam kurang dari satu menit telah menjadi setinggi tiga meter dan menelan semua yang dilaluinya. Seperti monster yang sangat besar dan sangat menakutkan, air menelan manusia yang sia-sia berusaha melarikan diri, sambil mendorong papan, kasau, balok, seng, pohon besar, puluhan mobil, yang semuanya hanyut didorong arus air yang sangat deras. Jeritan orang yang berteriak minta tolong terdengar sangat menyayat hati.

Hanya mereka yang sempat naik ke lantai paling tinggi dari Masjid Raya Baiturrahman dan lantai ruko yang lebih tinggi dari air laut yang selamat.

Video ini diambil oleh seorang yang biasa merekam pernikahan.

No responses yet

Comments are closed at this time.

Trackback URI |


Daily Wisdom

Today's Quote



Anda adalah pengunjung ke

sejak 1 Januari 2008