Jan 14 2010

Window 7, Vista, dan XP

Published by at 04:27 under Teknologi Informasi

Bulan Oktober 2009, Microsoft secara resmi mulai menjual Windows 7. Saya pernah mencoba memakai Windows 7 RC (Released Copy) yang diberikan oleh Microsoft untuk diuji coba oleh pemakai sebelum melepas Windows 7 secara resmi ke pasar. Pengamatan saya terhadap Windows 7 adalah sebagai berikut:

1. Beberapa alasan mengapa orang tidak mau beralih dari Windows XP ke Windows Vista:

  • Waktu yang diperlukan untuk Startup dan bangun dari Hibernasi terlalu lama. Windows 7 tidak menyelesaikan hal ini. Startup dan bangun dari Hibernasi lamanya hampir sama dengan Windows Vista.
  • Software tidak kompatibel. Program yang bisa jalan di Windows XP, tak bisa di-install dan tak bisa jalan di Windows Vista. Ini berbeda dengan ketika Microsoft memperkenalkan Windows versi sebelumnya, semua program yang jalan di Windows 3.0, bisa jalan di Windows 95; begitu pula program yang jalan di Windows 95, bisa jalan di Windows 98; program yang jalan di Windows 98 bisa jalan di Windows XP. Windows 7 tidak menyelesaikan masalah ini, kecuali untuk beberapa versi Windows 7 yang diperlengkapi dengan fitur Windows XP mode.
  • Hardware tidak kompatibel. Printer yang bisa jalan di Windows XP, tak bisa di-install dan karena itu tak jalan di Windows Vista. Misalnya HP Laserjet 1010, Canon PIXMA 1200. Sampai hari ini HP tidak membuat driver printer HP Laserjet 1010 untuk Windows Vista, padahal pemakai printer tipe 1010 ini cukup banyak di Indonesia. Walaupun Windows 7 akan otomatis mencari driver yang cocok untuk hardware yang dipasang, tapi bagaimana kalau driver itu memang tak pernah ada? Sama saja bohong. Artinya, hardware yang jalan di Windows XP, tapi tak bisa dipakai di Windows Vista, akan tetap tak bisa dipakai di Windows 7.

2. Namun sekali sudah jalan, menjalankan applikasi di Windows 7 terasa lebih ringan dan lebih cepat daripada Windows Vista.

Jadi bila anda adalah pemakai Windows XP atau Windows Vista, anda tak perlu buru-buru beralih ke Windows 7.

No responses yet

Comments are closed at this time.

Trackback URI |


Daily Wisdom

Today's Quote



Anda adalah pengunjung ke

sejak 1 Januari 2008