Feb 21 2008

Orangtua yang bijaksana

Published by at 23:06 under Renungan

“… kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.” (Amsal 17:6)

Ada banyak cara untuk mengukur keberhasilan: salah satunya adalah cara anak anda menggambarkan diri anda di depan teman-temannya.

Seorang pengacara muda yang sukses berkata: hadiah terbesar yang pernah saya terima adalah ketika ayah memberi saya sebuah kotak kecil pada hari Natal. Di dalamnya ada sepucuk surat yang berbunyi: “Nak, tahun ini ayah akan memberimu 365 jam. Satu jam sehari sesudah makan malam.”

Ayah saya bukan saja memenuhi janjinya, tetapi setiap tahun ia melakukan hal yang sama, dan inilah hadiah terbesar yang saya terima dalam hidup saya. Saya adalah hasil dari waktu yang diluangkannya itu.

(Dikutip dari buku “Ayah yang bijaksana”. Jakarta: Yayasan Media Buana Indonesia, 1998, hal. 1-3.)

Ulasan:

Kasih yang dirasakan anak, sepadan dengan jumlah waktu yang disediakan orangtua untuk bersama mereka, bermain dan berkomunikasi dengan mereka.

Anak yang tidak mendapat waktu yang cukup dari orangtua, akan merasa kurang dikasihi oleh orangtuanya, walau mereka dilimpahi dengan harta benda. Akibatnya biasanya adalah anak akan lebih mencintai barang daripada sesama manusia.

Pepatah Cina kuno mengatakan:“perjalanan seribu mil, dimulai dengan langkah pertama.”

Saya senang perbaikan Robert Kiyosaki(*) terhadap pepatah kuno ini: “perjalanan seribu mil, dimulai dengan langkah pertama yang kecil.”

Bila menyediakan waktu satu jam setiap hari terasa terlalu berat untuk anda, cobalah dengan membuat sasaran kecil yang pasti terjangkau. Misalnya jangan biarkan ada hari yang berlalu tanpa komunikasi yang berarti dengan anak anda selama minimal lima (5) menit. Lebih baik
merasa kurang daripada kecewa karena tidak berhasil mencapai sasaran yang terlalu tinggi.

Mengapa tidak mulai malam ini?

_______________________________________________________

(*) Robert Kiyosaki dalam bukunya “the
Rich Dad and the Poor Dad”, dan “the Cashflow Quadrant”.

Hak Cipta © 2002 ada pada Rimba Informasi

No responses yet

Comments are closed at this time.

Trackback URI |


Daily Wisdom

Today's Quote



Anda adalah pengunjung ke

sejak 1 Januari 2008